Ads 720 x 90

Kacer Sumatera, Mana Yang Paling Bagus?



Pulau Sumatra tercantum salah satu basis burung Kacer di Indonesia, tidak hanya Kalimantan serta Jawa. Kacer Sumatra berasal dari satu species ialah Copsychus saularis yang terdiri dari sebagian subspecies serta dikenal mempunyai penampilan" hitam- putih". Iktikad dari" hitam- putih" merupakan berarti," gelap" meliputi bagian kepala, leher, dada atas, punggung, sayap serta ekor bercorak gelap, sebaliknya" putih" ada merupakan pada bagian dada hingga perut serta garis putih lebar pada bagian sayap.


Kacer Sumatra umumnya mempunyai suara yang melengking( tajam) serta keras, tidak hanya itu, keahlian berkicaunya pula luar biasa, penuh alterasi serta gayanya sangat menawan kala menghasilkan kicauannya. Dimensi badan Kacer Sumatra lebih kecil dari Kacer Jawa serta Kacer Kalimantan.


Kacer Sumatra tersebar dari Aceh, Medan hingga Lampung. Pada biasanya berasal dari species Copsychus saularis, yang terdiri dari sebagian subspecies.


Copsychus saularis" Magpie Robin"


  • Copsychus saularis musicus( Raffles, 1822)
  • Tersebar mulai dari Thailand Selatan serta Malaysia Selatan hingga ke segala daerah pulau Sumatra, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Tengah serta Selatan. Identitas segala bagian badan didominasi warna gelap, serta pada bagian dada, perut hingga pantat bercorak putih, dan sayap ada garis putih.
  • Copsychus saularis musicus( musicus)- pulau Sumatra bagian Utara hingga Tengah
  • Copsychus saularis musicus( nesiotes)( Oberholser, 1923)- sebelah barat pulau Sumatra serta sebelah timur Sumatra( Riau, kepulauan Riau, pulau Belitung serta pulau Bangka)
  • Copsychus saularis zacnecus( Oberholser, 1912)- pulau Simalur( Simeulue), Sumatra
  • Copsychus saularis nesiarchus( Oberholser, 1923)- pulau Nias, Sumatra
  • Copsychus saularis masculus( Ripley, 1943)- Sumatra serta wilayah pulau- pulau di pesisir barat Sumatra tercantum pulau Batu( Pini, Tello serta Tana Massa)
  • Copsychus saularis pagiensis( Richmond, 1912)- kepulauan Mentawai, Siberut serta pulau Sipora, Sumatra


Kacer Sumatra bersumber pada wilayah, merupakan:


Kacer Sumatra, penyebarannya dari Aceh, Medan sampai Lampung, serta di selama pesisir Barat serta Timur pulau Sumatra.


Identitas badan umumnya segala badan didominasi warna gelap, pada bagian dada, perut serta pantat bercorak putih dan pada sayap ada garis putih lebar ataupun sebutan penggemar burung" hitam- putih". Dimensi badan tidak lebih besar serta kadangkala lebih kecil dibandingkan Kacer Jawa. Keahlian berkicau terbilang sangat baik, keras, melengking serta suara kicauan yang bermacam- macam diiringi dengan style agresifnya.


Kacer Medan; Copsychus saularis musicus( musicus)


Kacer Medan berbaju" hitam- putih", segala badan paling utama bagian atas didominasi warna gelap, sebaliknya pada bagian dada, perut, pantat bercorak putih, serta pada bagian sayap ada garis putih lebar.


Suara kicauan bermacam- macam, volume suara melengking keras, diiringi style ngotot kasar. Tersebar di segala daerah Sumatra Utara.


Kacer Aceh; Copsychus saularis musicus( musicus)


Kacer Aceh mempunyai bentuk badan, serta kepribadian yang sama dengan Kacer Medan. Diyakini Kacer Aceh serta Kacer Medan merupakan burung yang sejenis yang silih bermigrasi antar 2 daerah tersebut.


Kacer Simalur( Simeulue); Copsychus saularis zacnecus


Hidup di pesisir barat provinsi Aceh, tepatnya di pulau Simalur


Kacer Nias; Copsychus saularis nesiarchus


Merupakan Kacer yang ada di pulau Nias serta Mentawai, kepribadian serta keahlian Kacer Nias serta Kacer Mentawai juga sangat baik


Kacer Nias Selatan; Copsychus saularis masculus


Ada di kepulauan Batu- Nias Selatan( Pini, Tello serta Tana Massa)


Kacer Mentawai; Copsychus saularis pagiensis


Hidup di wilayah kepulauan Mentawai, pulau Siberut serta pulau Sipora


Kacer Padang- Jambi- Palembang; Copsychus saularis musicus( nesiotes)


Kacer yang berasal dari Padang, Jambi serta Palembang, ialah burung yang sama, sebab daerah yang bersebelahan membolehkan kacer buat pindah ke tempat- tempat tersebut. Wujud badan serta kepribadian Kacer Jambi, Palembang serta Padang tidak jauh berbeda, begitu pula dengan kemampuannya berkicaunya


Kacer Riau; Copsychus saularis musicus( nesiotes)


Hidup di wilayah provinsi Riau, identitas serta kepribadian sama dengan kacer Bangka- Belitung


Kacer Bangka- Belitung; Copsychus saularis musicus( nesiotes)


hidup di pulau Bangka, pulau Belitung, apalagi di selama pesisir tepi laut Timur pulau Sumatra, seluruhnya mempunyai identitas yang sama


Kacer Bengkulu;


hidup di daerah Bengkulu. Kacer Bengkulu sangat mirip dengan Kacer Lampung, dimensi badan dan karakternya pula nyaris tidak berbeda


Kacer Lampung;


hidup di daerah Lampung sampai dekat perbatasan Bengkulu serta Sumatra Selatan hingga ke Krakatau. Kacer Lampung serta Kacer Bengkulu diprediksi ialah burung yang sejenis, yang bermigrasi di antara kedua daerah tersebut


Tidak hanya catatan kacer di atas, di Sumatra banyak Kacer yang dinamakan bersumber pada nama kampung ataupun wilayah, semacam Kacer Pasaman, Kacer Bengkalis serta banyak lagi, tetapi sesungguhnya itu ialah bagian dari salah satu kacer yang ada di atas. Pada dasarnya Kacer Sumatra mempunyai penampilan yang sama, ialah" hitam- putih", tetapi mempunyai kepribadian serta keahlian berkicau yang berbeda- beda. 

Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter